KAK BERTHOLD DH SINAULAN TERPILIH MENJADI JAJARAN PENGURUS DI KEPANDUAN ASIA-PASIFIK MASA BAKTI 2022-2025

Kwarnas – Asia-Pacific Scout Regional atau dalam Bahasa Indonesia adalah Regional Pramuka Asia-Pasifik adalah salah satu bagian dari biro kepanduan dunia ([World Scout Bureau]), Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia, yang berkantor di Makati City, Filipina, dengan kantor-kantor lain di Australia dan Jepang. Wilayah kepanduan yang di urus oleh Regional Asia-Pasifik meliputi wilayah Asia bagian selatan Siberia, Asia Timur, Asia Tengah, dan sebagian besar cekungan Pasifik, dengan beberapa pengecualian yaitu: Federasi Mikronesia, Kepulauan Marshall dan Palau. Mereka termasuk dalam Regional Intraamerika, bersama Boy Scout of America.

Tiga Pelatih Pembina Pramuka dari Indonesia terpilih menjadi jajaran pengurus di Kepanduan Asia-Pasifik untuk masa bakti 2022-2025. Ketiganya ditempatkan pada tiga subkomite berbeda, sesuai kompetensi masing-masing, dan diumumkan oleh Ketua Komite Kepanduan Asia-Pasifik, Dale B Corvera, yang berasal dari Filipina, pada Sabtu, 19 Februari 2022, sore.

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sekaligus Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika masa bakti 2018-2023 terpilih menjadi anggota Subkomite Komunikasi dan Hubungan Luar (Communications and External Relations) Kepanduan Asia-Pasifik, Kak Berthold DH Sinaulan yang biasa dipanggil dengan sebutan Kak Be yang juga berprofesi sebagai seorang jurnalis profesional.

Dalam masa bakti sebelumnya, 2018-2022, ketiga Pelatih Pembina Pramuka tersebut juga telah menjadi anggota Subkomite Kepanduan Asia-Pasifik. Kecuali Kak Berthold, yang lain menempati subkomite berbeda pada masa bakti sebelumnya yaitu Kak Rio Ashadi yang sekarang menjabat sebagai Ketua Subkomite Keberagaman dan Inklusi (Diversity and Inclusion), dan Kak Laiyin Nento sebagai anggota Subkomite Metode Pendidikan (Educational Methods).

Terpilihnya ketiga Pelatih Pembina Pramuka tersebut merupakan kebanggaan bagi Gerakan Pramuka. Termasuk juga selaras dengan semangat pencapaian Dasa Karya Pramuka yang dicanangkan oleh Ketua Kwartir Nasional, Kak Budi Waseso, untuk meningkatkan peran Pramuka yang berwawasan global. Tentu karya dan bakti para wakil Gerakan Pramuka di tingkat Asia-Pasifik membawa citra baik bagi kiprah Gerakan Pramuka di dunia internasional.

Penulis : KROFFICIAL MEDIA

Sumber : Kwarnas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.