RATUSAN SISWA KELAS 7 SMPN 2 RAJEG MENDAPAT MATERI KEPRAMUKAAN OLEH PENGURUS KWARRAN RAJEG DALAM KEGIATAN MPLS

Rajeg – MPLS merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah setiap awal tahun ajaran untuk menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi tersebut lazim dijumpai di tingkat SD, SMP dan SMA.

Pihak sekolah berkewajiban menyambut dan membantu peserta didik baru untuk beradaptasi di lingkungan sekolah melalui MPLS, sesuai dengan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

Tujuan dari dilaksanakannya MPLS adalah :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
  5. Menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Tujuan dari pengenalan Kepramukaan tersebut, nantinya akan dapat menggali potensi yang terdapat pada siswa/siswi baru terhadap kegiatan kepramukaan di SMPN 2 Rajeg.

Ada dua materi kepramukaan yang disampaikan pada kegiatan MPLS tersebut diantaranya :

  1. Sejarah Kepramukaan disampaikan oleh Kak Marhotib
  2. PBB disampaikan oleh Kak Erih Supriyadi dan Kak M. Dede Irawan.

Kak Timing Merawati, S.Pd selaku Kak Mabigus berharap melalui materi Kepramukaan yang disampaikan pada MPLS kali ini dapat menjadi sarana pembentukan karakter siswa selama di bangku sekolah dan bisa bermanfaat pada kehidupan selanjutnya, serta untuk menggali potensi siswa dalam hal kegiatan Kepramukaan di SMPN 2 Rajeg, ujarnya.

KROFFICIAL MEDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.