GIAT GALANG DANA PEDULI ANAK YATIM KWARRAN RAJEG

Kwarran Rajeg Official – Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia adalah bunyi dari Dasa Darma yang ke-2, dimana setiap anggota Pramuka harus dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bentuk pengamalan Dasa Darma yang ke-2, Kwarran Rajeg melaksanakan giat galang dana peduli anak yatim yang pengumpulan nya dilakukan dengan cara menggalang dana diseluruh gugus depan yang berada dilingkungan Kwarran Rajeg.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Kwarran Rajeg setiap tahunnya jika memasuki bulan Muharram.

Selain menggalang dana disetiap gugus depan, Kwarran Rajeg juga mengerahkan seluruh anggota DKR untuk turun ke jalan dalam rangka penggalangan dana peduli anak yatim yang sasaran nya kepada para pengguna kendaraan yang melintas disekitar lampu merah Kukun, dan dilaksanakan mulai hari Jumat-Sabtu, 6-7 September 2019.

Selanjutnya, dana yang terkumpul nantinya akan langsung disalurkan kepada anak-anak Yatim disekitar wilayah Kwarran Rajeg pada hari Jum’at, 13 September 2019.

Penulis : Jurnalis Kwarran Rajeg Official

SAKA WIRA KARTIKA KWARRAN RAJEG IKUTI KEGIATAN OUTBOND PRAMUKA SE-TANGERANG RAYA

RAJEG – Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional.

Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019, digelar acara yang bertajuk Outbond Pramuka Saka Wira Kartika Se- Tangerang Raya yang dilaksanakan di Lapangan Sawindu Yonif Mekanis 203/AK, Ds Gandasari RT 01/01, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten.

Dalam kesempatan itu, anggota Saka Wira Kartika Kwarran Rajeg turut berpartisipasi pada acara tersebut, dipimpin langsung oleh Danramil 17 Rajeg Kapten Cpm Jalaludin Putra.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Danrem 052/Wkr Kolonel Inf Tri Budi Utomo, SE dan bertindak sebagai Inspektur Upacara.
Dengan mengusung tema “Melalui Kegiatan Pramuka Kita Tingkatkan SDM Generasi Muda Menuju Indonesia Unggul”.
Dalam sambutannya, Danrem berpesan agar kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran bela negara kepada generasi muda dan mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda, serta dapat menjadi momentum untuk memantapkan ideologi Pancasila sebagai ideologi negara.

Adapun jenis kegiatan outbond tersebut adalah :
menara pandang, rayapan tali satu, jembatan tali tiga, jaring pendarat, turun tebing dan materi senapan angin.

Penulis : Jurnalis Kwarran Rajeg Official

KWARRAN RAJEG REKRUT ANGGOTA DKR BARU

RAJEG – Dewan Kerja Ranting Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang selanjutnya disingkat Dewan Kerja Ranting (DKR) adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan ditingkat Kwartir Ranting yang beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera, bersifat kolektif dan kolegial yang merupakan bagian integral dari Kwartir Ranting, berkedudukan sebagai badan kelengkapan Kwartir Ranting yang diberi wewenang dan kepercayaan untuk mengelola Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah Kwartir Ranting.

Mengingat pentingnya peran DKR demi kemajuan dan keberlangsungan kegiatan yang telah disusun oleh pengurus Kwarran, maka dirasa sangat penting untuk merekrut anggota DKR baru.

Kegiatan Rekrutmen anggota DKR tersebut dilaksanakan pada Hari Minggu, (01/9/2019) bertempat di Aula Kantor Kec. Rajeg.

Imas selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan silaturahmi, serta juga untuk lebih meningkatkan kompetensi, dan pembenahan dewan kerja ranting (DKR) agar lebih baik dan terarah.

Dalam sambutannya, sekaligus membuka acara, Kak Emas Bahtiar menghimbau kepada seluruh peserta agar senantiasa dapat mengikuti arahan panitia selama masa rekrutmen berlangsung, dan semoga menjadi motivasi bagi seluruh anggota pramuka lainnya, juga dapat memberikan sumbangsih untuk kemajuan kepramukaan di Kwarran Rajeg, pungkasnya.

Penulis : Kak Askur

KWARRAN PRIORITASKAN PEMBUATAN KARTU TANDA ANGGOTA

KWARRAN RAJEG -, KTA adalah bentuk pengakuan kepada seseorang bahwa yang bersangkutan aktif sebagai anggota Pramuka, dan wajib dimiliki oleh setiap anggota Pramuka.

Pengurus Kwarran Rajeg mengundang seluruh Pembina yang berada dilingkungan Kec. Rajeg dalam rangka sosialisasi pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) Pramuka pada hari Sabtu ( 31/8/2019).

Pembuatan KTA akan dilaksanakan secara bertahap dimulai dari unsur mabigus terlebih dahulu, selanjutnya dilanjutkan ke seluruh anggota Pramuka berdasarkan golongan.

Kepada redaksi, kak Emas selaku Sekretaris Kwarran Rajeg berharap proses pembuatan KTA berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun, dan berpesan agar semua pihak bisa bekerjasama dengan tim pembuat KTA.

Penulis : Kak Askur

KWARRAN RAJEG JUARA UMUM LOMBA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA KAB. TANGERANG

KITRI BAKTI, CURUG – Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang kembali menyelenggarakan lomba ekstrakurikuler Pramuka yang digelar pada hari Kamis (28/8/2019), bertempat di Bumi perkemahan Pramuka Kitri Bakti, Curug.
Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Tangerang, Drs. H. Syaifullah, MM.

Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu oleh para anggota Pramuka diseluruh Kab. Tangerang, karena sebagai ajang pembuktian keterampilan masing-masing anggota Pramuka dan sebagai ajang untuk menguji sejauh mana hasil latihan yang telah dilakukan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan lomba ekstrakurikuler Pramuka ini diikuti oleh para anggota Pramuka Penggalang SD dan SMP.
Sedangkan bidang yang diperlombakan antara lain :

  1. Pos 1 PUPK
  2. Pos 2 PIONERING
  3. Pos 3 KIM
  4. Pos 4 KETANGKASAN
  5. Pos 5 SEMAPHORE DANCE
  6. Pos 6 PBB TONGKAT
  7. Pos 7 HASTA KARYA

Dalam lomba ekstrakurikuler Pramuka tahun ini, Kontingen Kwarran Rajeg menjadi juara umum untuk kategori tingkat Penggalang SD dengan rincian :

Juara 1 Pu&Pk /pa
Juara 1 Pu&Pk /pi
Juara 1 Pioneering /pi
Juara 3 Ketangkasan /pa
Juara 3 Semaphore Dance / Pa
Juara 2 Semaphore Dance / Pi
Juara 3 Hastakarya / Pa
Juara 1 Hastakarya / Pi

Sedangkan untuk tingkat Penggalang SMP, meraih Juara 1 PBB Tongkat putera.

Dalam kesempatan ini, Kak Mulyadi selaku Kak Kwarran mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terutama kepada adik-adik serta Pembina yang sudah berjuang tanpa lelah sehingga mendapatkan hasil yang membanggakan, dan semoga menjadi motivasi bagi para anggota Pramuka Penggalang lainnya di Kwarran Rajeg.

Penulis : Kak Askur

KWARRAN RAJEG AMBIL BAGIAN DALAM PESTA SIAGA TINGKAT KWARDA

Kwarran Rajeg Official – Siaga adalah sebutan bagi Anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia.

Kwarda Banten menggelar kegiatan Pesta Siaga dengan tema “Gembira, Ceria, dan Berbudaya” pada tanggal 24 Agustus 2019. Pada kesempatan ini, Kota Tangerang bertindak sebagai tuan rumah.

Sejumlah peserta dari masing-masing kontingen yang mewakili kwarcab diseluruh Provinsi Banten mulai memadati Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang mulai dari pagi hari.

Kwarran Rajeg ikut ambil bagian dan dipercaya untuk mewakili kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, dengan mengirimkan perwakilan nya sebanyak 1 Barung putri dari Gugus depan SDN Rajeg 3 didampingi oleh Yanda Erih Supriadi, Bunda Ella Nurlaelah, dan Pak cik Ricky dari DKR.

Meskipun tidak mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi Kwarran Rajeg patut berbangga hati karena masih dipercaya untuk menjadi bagian dari kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang.
Akan tetapi, Kwarcab Kab. Tangerang secara keseluruhan sukses mendominasi bidang-bidang yang dilombakan.

Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi Gugus depan lainnya pada gelaran acara tahun selanjutnya.

Penulis : Askur

HASIL POSITIF KONTINGEN KWARRAN RAJEG DALAM KEGIATAN PERANSAKA TINGKAT KWARCAB KAB. TANGERANG

KITRI BAKTI, CURUG – Kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (PERANSAKA) menutup rangkaian acara HUT ke-58 Gerakan Pramuka tingkat Kwarcab Kab. Tangerang yang dilaksanakan dari tanggal 19 – 22 Agustus 2019.

Tahun ini, Kwarran Rajeg mengirimkan sejumlah peserta yang terdiri dari 1 sangga putra dan 2 sangga putri, yang diambil dari beberapa gugus depan SMA/SMK yang berada di wilayah Kwarran Rajeg diantaranya adalah SMK Avicena, SMK Citra Madani, SMK Insan Aqillah 5, dan SMA Yaspih.

Berbagai persiapan telah dilakukan kontingen PERANSAKA Kwarran Rajeg selama kurang lebih 2 minggu.
Persiapan yang dilakukan tidak hanya seputar materi- materi kesakaan saja, tetapi juga mempersiapkan seluruh kebutuhan pendukung lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan peserta kontingen.

Dalam kegiatan tersebut, kontingen Kwarran Rajeg yang diwakili oleh ELLYAH A.P, sukses menembus peringkat 3 besar seleksi “Nong Peransaka” Kwarcab Kab. Tangerang.
Tentunya, hal ini sangat menggembirakan dan menjadi prestasi tertinggi kontingen Kwarran Rajeg yang nantinya akan dapat memotivasi adik-adik lainnya dalam gelaran Peransaka selanjutnya.

Penulis : Kak Askur

AKSI TERJUN PAYUNG MERIAHKAN PERINGATAN HUT KE 58 GERAKAN PRAMUKA TINGKAT KWARCAB

KITRI BAKTI, CURUG – Gelaran upacara peringatan HUT Ke-58 Gerakan Pramuka tingkat Kwarcab Kab. Tangerang dilaksanakan di Bumi Kitri Bakti Curug, Selasa ( 20/8/2019 ).

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kak Ahmed Zaki Iskandar selaku ketua Mabicab Kabupaten Tangerang. Kak Ahmed Zaki berpesan dalam sambutannya menyerukan kepada seluruh anggota gerakan Pramuka untuk memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada gelaran upacara tersebut pula, dilaksanakan penyematan SGTD Pramuka Garuda dan Pancawarsa (TPOD) dari unsur Pembina dan Mabigus.

Kak Ahmad Yusuf selaku mabigus dari pangkalan SDN. Sukatani 3 menerima langsung penghargaan Pancawarsa 1 yang disematkan oleh Kak Ahmed Zaki Iskandar selaku Mabicab.
Penerima Pancawarsa lainnya adalah :
Kak H. Mahpudin (mabigus), Kak Hj. Ecin Kurnianingsih (mabigus), Kak Dedeh Kurniasih (mabigus), Kak Suparman Badri (mabigus), Kak Sujaih (Pembina), Kak M. Hatta (Pembina), Kak Hendri Maulana (Pembina), Kak Komarudin (Pembina), dan Kak Dede Irawan (Pembina).

Ketua Kwarran Rajeg, Mulyadi, S.Pd mengapresiasi para penerima penghargaan Pancawarsa (TPOD), beliau berharap semoga para penerima penghargaan nanti nya bisa lebih bersemangat lagi dan terus mengembangkan kegiatan kepramukaan khususnya di Kwarran Rajeg.

Penampilan atraksi terjun payung dari Satuan Karya (Saka) Dirgantara menutup rangkaian upacara peringatan HUT Ke-58 Gerakan Pramuka tingkat Kwarcab Kab. Tangerang.

Penulis : Kak Askur.

MOMEN HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

RAJEG – Seluruh rakyat Indonesia memaknai tanggal 17 Agustus adalah sebagai hari yang sangat sakral sebagai tonggak sejarah bangsa ini.

Bukan hanya sekedar perayaan semata, tetapi tanggal 17 Agustus adalah momen untuk kita sebagai warga negara Indonesia untuk lebih instrospeksi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena bukan hal yang mudah untuk melepaskan negeri ini dari cengkeraman para penjajah.
Tugas kita adalah melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa dan melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsa ini.

Momen peringatan 17 Agustus kali ini, seluruh jajaran pengurus Kwarran Rajeg serta adik-adik anggota Pramuka penggalang dan penegak turut hadir dalam upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang dipusatkan dilapangan Batu Nunggul Kecamatan Rajeg.
Bertindak sebagai pembina upacara adalah Bpk. H. Ahmad Patoni, MM selaku camat Kecamatan Rajeg.

Pada kesempatan itu pula, Kak Mulyadi, S.Pd selaku Kak Kwarran Rajeg mendapat kehormatan untuk membacakan naskah teks proklamasi

Penulis : Kak Askur.

DOKUMENTASI ON YOUTUBE

KWARRAN RAJEG RUNNER-UP GROUP WILAYAH 1 TURNAMEN SEPAKBOLA ANTAR KWARRAN

Pakuhaji – Kwarran Rajeg mengikuti kegiatan turnamen sepakbola antar Kwarran yang diselenggarakan oleh Kwarcab Kabupaten Tangerang pada tanggal 15 Agustus 2019.

Turnamen sepakbola tersebut dibagi kedalam 4 wilayah, sedangkan untuk Kwarran Rajeg tergabung dalam wilayah 1 yang dihuni oleh Kwarran Sepatan, Kwarran Sepatan Timur, Kwarran Mauk, Kwarran Sukadiri, Kwarran Pakuhaji, Kwarran Kosambi, dan Kwarran Teluknaga.

Dibabak penyisihan, tim sepakbola Kwarran Rajeg harus berhadapan dengan tim Kwarran Sepatan, dimana selama 2 babak, kedudukan skor sama kuat (0 – 0) sehingga harus ditentukan dengan drama adu penalti.
Dan akhirnya, tim sepakbola Kwarran Rajeg memenangkan pertandingan melalui drama adu penalti.

Masuk babak semi final, tim sepakbola Kwarran Rajeg berhadapan dengan tim kesebelasan Kwarran Kosambi. Dimana pada partai ini tim kesebelasan Kwarran Rajeg yang dipimpin oleh Kak Mimip selaku kapten kesebelasan, meminta kepada rekan-rekan tim lain nya untuk tampil secara maksimal agar dapat memenangkan pertandingan.
Dan akhirnya strategi pun berjalan lancar sehingga tim sepakbola Kwarran Rajeg dapat memenangkan pertandingan dengan skor (1 – 0) dan melaju ke babak final wilayah 1.

Pada partai final wilayah 1, tim sepakbola Kwarran Rajeg menghadapi tim dari Kwarran Teluknaga.
Apa hendak dikata, karena faktor kelelahan seluruh anggota tim, akhirnya Kwarran Rajeg harus mengakui keunggulan dari tim sepakbola Kwarran Kosambi dengan skor tipis (1 – 0) sehingga harus mengubur mimpi untuk tampil diputaran selanjutnya yang diselenggarakan di stadion utama Kelapa dua pada Senin, 19 Agustus 2019.

By Kak Askur